Software Akuntansi, Ancaman Untuk Seorang Akuntan

44 views

Software Akuntansi, Ancaman Untuk sosok Akuntan. perubahan keadaan dan kecanggihan teknologi tentu nggak dapat dihindari. seluruhnya hal yang dulunya tampak mustahil, kini menjadi hal yang biasa ditemukan setiap hari. Hal-hal rumit dan melelahkan yang harus dilakukan dengan cara manual, sekarang dapat digunakan dengan cara sederhana tanpa butuh banyak waktu.

Software Akuntansi

Software Akuntansi

Menurut info dan berita terbaru seluruhnyanya menjadi lebih mudah, efektif, dan efisien sebab menghemat lebih banyak energi, waktu, dan bahkan biaya. Bidang akuntansi dan fungsi akuntan juga dipengaruhi oleh ini beserta adanya Software Akuntansi.

Akuntansi yang merupakan pengukuran, terjemahan, atau kepastian mengenai info dan berita bertujuan untuk menyiapkan laporan keuangan yang akurat. Laporan keuangan ini akan digunakan sebagai bahan referensi bagi pemegang keputusan untuk membuat tindakan alokasi sumber daya dalam perusahaan atau organisasi.

Ada akuntansi, tentu saja ada akuntan yang menjalankan fungsi akuntan, yaitu mengerjakan laporan akuntansi. Dia akan memantau dan mencatat aliran dana yang digunakan dalam perjalanan bisnis di perusahaan atau organisasi.

Fungsi sosok akuntan di sebuah perusahaan adalah untuk memastikan bahwa seluruhnya yang terjadi dan tentang uang adalah akurat, legal, dan berjalan segimana mestinya. Meski tersaksikan "kecil", nyatanya seluruhnya perusahaan atau organisasi yang menjalankan bisnis membutuhkan akuntan, sehingga bisnisnya dapat terus berjalan. sebab, fungsi akuntan juga untuk paham dan mengerti apakah bisnis dilakukan dengan cara menguntungkan, atau bahkan kehilangan uang.

perubahan keadaan teknologi juga mempengaruhi bidang akuntansi, misalnya beserta munculnya perangkat lunak akuntansi yang memberi bantuan fungsi akuntan di tempat kerja. Versi paling sederhana adalah Microsoft office, yang berfungsi pada fungsi akuntan, yaitu akuntansi dasar untuk perekaman dan penulisan jurnal. Ada juga berbagai perangkat lunak lain yang digunakan untuk memfasilitasi pencatatan dan kegiatan akuntansi yang lain.

Sebut saja Acosys, Bee, Corcus, FINA, dan berbagai perangkat lunak untuk menyokong fungsi akuntan yang lain. Pada dasarnya, ada satu atau lebihfitur utama yang ada dalam perangkat lunak untuk menjalankan fungsi akuntan. Misalnya, multi-pengguna, multi-perusahaan, multi-bahasa, database, multi-mata uang, impor dan ekspor data dari Excel, ke AR, Ap, Stock, Payroll, dan sebagainya.

gimana dapat Software Akuntansi dapat Menggantikan Pekerjaan Akuntan?

Perangkat lunak akuntansi mempunyai tujuan utama untuk memberi bantuan akuntan memperoleh laporan keuangan akuntansi sebagaimana halnya neraca, nilai rugi laba, arus kas, dan laporan akhir keuangan. Sebenarnya, seluruhnya yang terkandung dalam perangkat lunak dapat dilakukan dengan cara manual sebagai fungsi akuntan. Namun, itu akan meoleh sebabnyan waktu lebih lama dan berpotensi terjadi berbagai kesalahan yang disebabkan oleh nggak akurat.

beserta bantuan perangkat lunak untuk menjalankan fungsi akuntan, diharapkan pekerjaan akuntan dapat lebih cepat dan mempunyai kesalahan minimal. Bayangkan ketika membuat jurnal dari seluruhnya kegiatan akuntansi sebagaimana halnya kesepakatan jual beli, diri kita lalai dan pada akhirnya membuat neraca nggak seimbang, tentu saja akan membingungkan. Kami akan diminta untuk satu per satu dan beserta hati-hati memeriksa laporan itu lagi, sampai dapat memperoleh hasil yang seimbang.

Seiring beserta kecanggihan zaman, ada banyak teknologi yang "sulit dipercaya", mulai dari sekandungan perangkat lunak, hingga kecerdasan buatan yang dapat "menyaingi" manusia. Pertanyaannya adalah, apakah fungsi kerja sesosok akan benar-benar diganti? Pada kasus ini.

Apakah perangkat lunak akan menggantikan fungsi akuntan yang sebenarnya? perubahan keadaan usia di satu sisi dapat menjadi "sahabat diri kita", bila diri kita dapat memakainya dan memakainya beserta bagus. Di sisi lain, bila diri kita nggak dapat memakainya beserta bagus, diri kitalah yang dapat "dihancurkan" beserta kecanggihan itu, dan akhirnya punah.

Perangkat lunak akuntansi nggak akan menggantikan fungsi akuntan, bila akuntan benar-benar dapat memakainya dan membuatnya "alat" yang menyederhanakan pekerjaan orang-orang itu. bila pada waktu yang lalu butuh berjam-jam atau berhari-hari, sekarang cuma beserta memasukkan angka ke dalam perangkat lunak, seluruhnyanya akan dilakukan beserta cepat.

Baca Juga : Perusahaan Teknologi Untuk Lulusan Mahasiswa IT

Sehingga, akuntan benar-benar dapat mengembangkan fungsi kerja orang-orang itu ke ranah yang lebih luas. Fungsi akuntan yang pada waktu yang lalu terbatas, menjadi lebih luas, dan memungkinkan orang-orang itu untuk bekerja beserta klien dengan cara lebih efektif di bandingkan Software Akuntansi.